Inilah Alasan Kuat Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Masih Sangat Laris di Pasaran Indonesia, Simak Selengkapnya Alasan Pastinya!

Minggu, 25 Mei 2025 oleh paiman

Inilah Alasan Kuat Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Masih Sangat Laris di Pasaran Indonesia, Simak Selengkapnya Alasan Pastinya!

Kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Tetap Jadi Primadona di Jalanan Indonesia?

Toyota Kijang Innova, termasuk varian terbarunya, Zenix, memang selalu punya tempat spesial di hati masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah kamu? Ternyata, Innova Reborn, terutama yang bermesin diesel, masih merajai penjualan! Apa sih yang bikin mobil ini begitu digemari?

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa total penjualan Innova Reborn dan Zenix mencapai angka 21.120 unit. Dari angka itu, Innova Reborn berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 9.545 unit. Sementara itu, Zenix non-hybrid terjual 3.163 unit, dan Zenix hybrid berhasil menarik perhatian dengan angka penjualan 8.503 unit.

Menurut Chief Executive Auto2000, Anton Jimmi, "Indonesia itu unik. Kebutuhan konsumennya beragam. Makanya, Toyota memberikan banyak pilihan." Beliau menambahkan bahwa ada pergeseran tren dari mobil bensin murni ke diesel atau hybrid.

"Penjualan mobil bensin murni terus menurun. Sekarang, konsumen lebih memilih diesel, seperti Innova Reborn, atau hybrid. Dan tren hybrid ini semakin meningkat," lanjut Anton saat ditemui di PIK 2, Jakarta Utara.

Auto2000 sendiri menyumbang sekitar 40% dari total penjualan Toyota secara nasional. "Kalau di Auto2000, penjualan Innova sekitar 2.000-an unit. Zenix Hybrid dan Reborn kira-kira fifty-fifty lah. Dari penjualan Zenix, sekitar 80-90% adalah hybrid, sedangkan Reborn hampir 100% adalah diesel," jelasnya.

Memang, mesin diesel hanya tersedia pada Innova Reborn. Sementara Innova Zenix hadir dengan mesin bensin, yang pada beberapa varian dipadukan dengan teknologi hybrid untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Apa yang Membuat Innova Reborn Diesel Begitu Istimewa?

Selain desainnya yang masih kental dengan aura MPV, Innova Reborn juga mempertahankan penggerak roda belakang (rear wheel drive). Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen yang menginginkan performa tangguh dan responsif.

Di sisi lain, Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Generasi ketujuh Kijang Innova ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Kijang Innova Zenix versi bensin ditenagai mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

Buat kamu pemilik Toyota Kijang Innova Reborn Diesel, atau yang berencana memilikinya, ini dia beberapa tips penting supaya mobil kesayanganmu tetap prima dan awet:

1. Rutin Ganti Oli Mesin - Oli mesin itu seperti darah bagi kendaraanmu. Ganti oli secara teratur sesuai rekomendasi pabrikan. Biasanya, setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Jangan sampai telat ya!

Contohnya, gunakan oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan mesin diesel Innova Reborn, seperti SAE 15W-40 atau 10W-30.

2. Perhatikan Filter Bahan Bakar - Filter bahan bakar berfungsi menyaring kotoran agar tidak masuk ke mesin. Jika filter kotor, performa mesin bisa menurun dan bahkan merusak komponen lainnya.

Ganti filter bahan bakar setiap 20.000 km atau setahun sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

3. Cek Kondisi Filter Udara - Filter udara yang kotor bisa menghambat aliran udara ke mesin, membuat pembakaran tidak sempurna dan boros bahan bakar.

Bersihkan filter udara secara berkala, misalnya setiap 5.000 km. Jika sudah terlalu kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Rawat Sistem Pendingin - Mesin diesel menghasilkan panas yang lebih tinggi daripada mesin bensin. Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik untuk mencegah overheating.

Periksa kondisi radiator, selang-selang, dan air radiator secara teratur. Tambahkan air radiator jika kurang, dan kuras radiator setiap 40.000 km atau dua tahun sekali.

5. Periksa Kondisi Turbocharger - Turbocharger adalah komponen penting pada mesin diesel modern. Periksa kondisinya secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Biasanya, suara turbo yang tidak normal bisa menjadi indikasi adanya masalah. Segera bawa ke bengkel jika menemukan hal tersebut.

6. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas - Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap performa dan umur mesin diesel.

Gunakan bahan bakar diesel berkualitas yang memiliki kandungan sulfur rendah. Hindari menggunakan bahan bakar yang tidak jelas asal-usulnya.

Kenapa ya, Mas Budi, Innova Reborn Diesel masih banyak dicari padahal sudah ada Zenix?

Menurut pengamat otomotif senior, Om Mobi, "Innova Reborn Diesel itu punya daya tarik tersendiri. Mesinnya bandel, torsinya besar, dan cocok buat yang suka perjalanan jauh. Selain itu, penggerak roda belakangnya juga disukai karena memberikan sensasi berkendara yang berbeda."

Apakah Innova Zenix Hybrid lebih irit dari Innova Reborn Diesel, Mbak Rina?

Menurut Fitra Eri, seorang automotive reviewer terkenal, "Secara umum, Innova Zenix Hybrid memang lebih irit bahan bakar dibandingkan Innova Reborn Diesel, terutama untuk penggunaan dalam kota. Tapi, kalau untuk perjalanan luar kota dengan beban berat, Innova Reborn Diesel bisa jadi lebih efisien karena torsinya yang lebih besar."

Bagaimana perawatan Innova Reborn Diesel agar tetap awet, Pak Joko?

Menurut mekanik senior di bengkel Auto2000, Pak Ujang, "Kunci utama perawatan Innova Reborn Diesel itu adalah rutin melakukan servis berkala, terutama penggantian oli dan filter. Selain itu, perhatikan juga kualitas bahan bakar yang digunakan. Hindari bahan bakar yang kotor atau berkualitas rendah."

Apakah Innova Zenix dengan platform TNGA lebih nyaman dari Innova Reborn, Bu Ani?

Menurut jurnalis otomotif ternama, Kak Gladis, "Innova Zenix dengan platform TNGA menawarkan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan Innova Reborn. Suspensi lebih empuk dan kabin lebih senyap. Selain itu, fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan juga lebih lengkap."