Cuma 16 Jutaan, Saudara Honda GL Pro Bermesin Injeksi Resmi Meluncur, Modelnya Idaman Pecinta Klasikan

139 views

Khasiat.co.id – Bagi penggemar motor sport klasik pasti sudah tidak asing lagi dengan model GL Pro.

GL Pro merupakan motor sport andalan Honda dan merupakan motor sport lokal Honda dengan kapasitas mesin terbesar dari tahun 1980 hingga 1990 sebelum dikeluarkan oleh kehadiran Honda Tiger.

Kuda-kuda ini dikenal dengan ciri khas “Bapak”nya, yang begitu tahan lama sehingga pertama kali diterbitkan pada tahun 1985 hingga akhirnya digantikan oleh generasi Honda Megapro.

Secara umum, ada tiga model GL Pro yang diluncurkan Honda ke Tanah Air. Model pertama GL Pro adalah GL Pro White Engine yang diterbitkan pada tahun 1985 dengan kapasitas mesin 145cc.

Belakangan generasi mesin berwarna putih ini digantikan oleh mesin model GL Model Hitam yang terbit pada tahun 1992. Dinamakan Black Engine, karena motor ini mengusung mesin berwarna hitam.

Model Honda GL Pro Series

Honda GL Pro Series (Mesin Putih) merupakan generasi penerus dari keluarga Honda GL yang muncul pada tahun 1979 sebagai pengganti Honda CB Series.

Honda sempat memproduksi kuda-kuda ini di tengah arus 2 sepeda motor tidak ada pabrik lain yang aktif berproduksi, seri GL Pro muncul pada tahun 1985 dan akhirnya berhenti produksi pada tahun 1991.

Mesin Seri GLPro

Seri Honda GL Pro ini kadang disebut mesin putih GL Pro karena Honda GL Pro sendiri memiliki varian mesin hitam Varian GL Pro yang memiliki kubus yang sama, tetapi “mengatakan” tenaga dan akselerasi lebih bandel. Jadi, untuk membedakan penyuka otomotif, sebut saja motor yang dijuluki putih.

Kuda besi putih ini dirancang untuk tidak bersaing dengan kecepatan, seperti yang dipromosikan oleh pabrikan lain dengan sepeda ke-2.

Sepeda ini dirancang untuk cenderung menonjolkan ketangguhan dan kecurangan. Jangan lupa, sepeda ini juga bisa menempuh jarak jauh karena sepeda ini jarang mengalami kesulitan meski perawatannya minim.

Tenaga sebesar ini, 145 cc, mampu mengeluarkan tenaga 15 HP dengan putaran mesin 8.500 per menit dengan 4 no. teknologi poros bubungan (OHC).

Sistem pengapian seri GL pro ini menggunakan sistem pengapian CDI-AC, meski untuk menstarternya masih menggunakan sport alias kick starter sama seperti saudaranya yaitu GL Pro.

Kompresi bahan bakar selalu relatif kecil, yakni 9.2:1 masih bisa diimbangi dengan sistem pendingin udara.

Mesin tangguh dan awet ini menjadi pilihan sebagian bos untuk menolaknya sebagai motor harian, meski ada motor dengan teknologi terkini. Ketahanan Honda GL Pro series terbukti lebih unggul.

Honda GL Pro Neotech

Dan untuk Honda GL Pro Neotech, ini adalah motor tua dari seri GL yang menikmati kejayaannya. Motor ini pertama kali muncul pada tahun 1995 dan akhirnya dinonaktifkan oleh Honda pada tahun 1999.

Mesin Honda GL Pro Neotech

Kuda besi ini memiliki kemampuan memasak trek 160 cc atau lebih tepatnya 156,7 cc yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 14,7 hp dalam putaran motor 8.500 per menit.

Meski memiliki kapasitas lintasan yang bisa dibilang besar, GL Pro Neotech tergolong irit dalam hal konsumsi bahan bakar.

Efisiensi GL Pro Neotech bukanlah penghalang bagi kuda besi untuk memancarkan karakter ketahanan reaktif dan mekanisnya.

Buktinya masyarakat di pegunungan banyak yang menggunakan Honda GL khususnya GL Pro Neotech. Di Gunung Bromo misalnya, masyarakat setempat menggunakan sepeda motor ini sebagai gunung setiap hari untuk mencari nafkah dengan menjadi ojek yang memandunya.

Tak hanya wisatawan yang diangkut dengan motor ini, motor yang tidak kuat dalam penanganan tanjakan yang cukup ekstrim terkadang juga menjadi penumpang di jok kuda sebelah kanan ini.

Desain GL Pro Néotech selalu mirip dengan GL Pro Series dan GL Pro Black Engine yang selalu menampilkan desain dan desain kotak lurus Honda GL.

Namun untuk tenaga ini GL pro pro neotech turun relatif terhadap mesin Black GL Pro. Namun di sisi lain, GL PRO lebih lebih irit dibandingkan kedua saudaranya tersebut. Baca Juga : All New Honda BRV 2022!

Honda GL Pro Engine Specifications:

Engine Type: 4 stroke, 1 cylinder, DOHC, air cooling
Cylinder Volume: 144.7 cc.
Maximum Power : 14.7 hp @ 8500 rpm.
Maximum Torque : 1.3 kgf.m @ 6500 rpm
Transmission : Manual, 5 Speed
Clutch : Wet and Double Clutch Manual
Fuel System: Carburetor
Starter System: Kick.

Specifications Dimensions Honda GL Pro:

Size: 2034 mm x 754 mm x 1062 mm.
Wheelbase: 1281 mm.
Lowest Distance To Ground: 149 mm.
Empty Weight: 103 kg.
Fuel Tank Capacity: 8 Liters.

Honda GL Pro Framework Specifications:

Skeleton: Diamond Steel.
Front Suspension: Telescopic.
Rear Suspension: Swing Arm, double shockbreaker
Front Brakes: Disc,Fouble piston.
Rear Brake: Drum
Front Tire Size: 2.75.
Rear Tire Size: 3.00.

Honda GL Pro Electrical Specifications:

Ignition System: CDI-DC, Battery.
Battery : 12 V – 4 Ah.
Spark Plug : ND X 24 EP-U9.

Leave a Reply

Your email address will not be published.